Minggu, 07 Juli 2013

Inovasi Pembelajaran (Endah)

Ø  Rumusan Masalah :
a.       Pengertian inovasi
b.      Masalah pendidikan sebagai sumber inovasi
c.       Hambatan-hambatan inovasi
d.      Berbagai jenis inovasi dalam kurikulum dan pembelajaran

a.       Pengertian Inovasi
Inovasi dapat diartikan sebagai sesuatu yang baru dalam situasi sosial tertentu yang digunakan untuk menjawab atau memecahkan suatu permasalahan.
Dilihat dari wujudnya “sesuatu yang baru” dapat berupa ide, gagasan, benda, atau mungkin tindakan. Sedangkan dari maknanya dapat diartikan benar-benar baru atu suatu hal yang sudah ada di tempat lain namun ditempat itu belum ada.
Jadi inovasi itu adalah sesuatu benar-benar baru yang bisa disebut dengan inovantion, atau suatu hal yang sudah ada namun ditempat itu belum ada dapat disebut discovery.

b.      Masalah Pendidikan Sebagai Sumber Inovasi
a.       Masalah relevansi pendidikan
Relevansi adalah kesesuaian antara pelaksana dan hasil pendidikan dengan kebutuhan tuntutan masyarakat.
Masalah relevansi pendidikan ini dapat dilihat dari sisi :
1.      Relevansi pendidikan dengan lingkungan hidup siswa, artinya apa yang diberikan di sekolah harus sesuai dengan kondisi, kebutuhan masyarakat.
2.      Relevansi pendidikan dengan tuntutan kehidupan siswa baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang.
3.      Relevansi pendidikan dengan tuntutan dunia kerja, sekolah memiliki tanggung jawab dalam mempersiapkan anak didik yang memiliki keterampilan dan kemampuan sesuai tuntutan dunia kerja.
b.      Masalah kualitas pendidikan
Rendahnya kualitas pendidikan juga dianggap sebagai suatu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita. Rendahnya kualitas pendidikan ini dapat dilihat dari dua sisi yaitu segi proses dan dari segi hasil.
c.       Masalah efektivitas dan efesiensi
·         Efektivitas berhubungan dengan tingkat keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang di rancang oleh guru untuk mencapai tujuan pelajaran.

·         Efesiensi berhubungan dengan jumlah biaya, waktu, dn tenaga yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu.

d.      Masalah daya tampung yang terbatas
Selain masalah-masalah yang kita hadapi di atas ada juga masalah tentang daya tampung yang terbatas, hal ini dikarenakan meledaknya lulusan SD sehingga menuntut pemerintah untuk memberikan fasilitas agar dapat menampung lulusan SD.


c.       Hambatan-hambatan inovasi
1.      Estimasi yang tidak tepat
Estimasi dapat disebut dengan perencanaan, seringnya terjadi kegagalan dalam suatu inovasi karena disebabkan kurangnya estimasi atau perencanaan atau kemungkinan-kemungkinan yang lain.
2.      Konflik dan motivasi
Konflik sering terjadi antara anggota tim, konflik terjadi karena kurangnya pengertian dan adanya rasa iri antar anggota. Pertentangan dalam pihak lainpun dapat merusak proses inovasi itu sendiri.
3.      Inovasi tidak berkembang
Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi inovasi tidak berkembang antara lain, pendapatan yang rendah, faktor geografis dan yang lainnya.
4.      Masalah finansial
Hambatan yang selanjutnya yaitu masalah finansial, sering terjadinya kegagalan dalam inovasi dikarenakan dana yang tidak memadai.
5.      Penolakan dari kelompok penentu
Penolakan ini sering terjadi dari golongan masyarakat, hampir sama dengan masalah finansial, sebagian masyarakat menolak karena akan mengeluarkan dana yang lebih besar lagi.
6.      Kurang adanya hubungan sosial
Kurang adanya hubungan sosial antar anggota tim pun menjadi hambatan dalam inovasi pembelajaran sehingga inovasi itu susah dikembangkan.


d.      Berbagai jenis inovasi dalam kurikulum dan pembelajaran
1.      Pembelajaran kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)
2.      Penyelenggaraan sekolah lanjutan pertama terbuka (SLTPT)
3.      Pengajaran melalui modul
4.      Pembelajaran melalui komputer

Sumber : Buku Kurikulum dan pembelajaran oleh Prof. Dr. H. Wina Sanjaya, M.Pd.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar