Minggu, 07 Juli 2013

Pembaharuan Kurikulum (Yuli)

v  Pembaharuan kurikulum adalah suatu gagasan/praktek kurikulum baru dengan menggunakan bagian-bagian yang potensial, dari kurikulum tersebut dengan tujuan untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan tertentu.

v  Maksud dari pembaharuan kurikulum adalah mencari suatu model kurikulum yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dam tuntutan masyarakat, walaupun dalam kenyataan pembaharuan kurikulum menimbulkan kecurigaan dan rasa tidak puas dari pihak-pihak tertentu.

v  Perubahan kurikulum menuntut adanya perubahan sikap dan tingkah laku dari pelaksanaan pendidikan, penyediaan sarana dan prasarana serta dana yang cukup untuk dapat melaksanakan kurikulum baru tersebut.

v  Menurut sudjana (1993:37) pada umumnya perubahan struktural kurikulum menyangkut komponen kurikulum, yaitu : perubahan  dalam tujuan , perubahan isi dan struktur , perubahan strategi kurikulum , perubahan sarana kurikulum , perubahan dalam sistem evaluasi kurikulum.

v  Pembaharuan kurikulum biasanya dimulai dari perubahan konsepsional yang fundamental yang diikuti oleh perubahan struktrul, pembaharuan dikatakan bersifat sebagian bila hanya terjadi pada komponen tertentu saja misalnya pada tujuan ,isi,metode,atau sistem penilaiannya.

v  Usaha pembaharuan kurikulum dilakukan denga maksud untuk mencari suatu model kurikulum yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang senantisa terus berubah dan terus berkembang.

v  Pada umumnya akibat yang ditimbulkan dari berlakunya kurikulum baru tergantung pada taraf atau besarnya perubahan, akibat perubahan tersebut   yaitu :tenaga kependidikan , tenaga administrasi sekolah, pihak-pihak lain yang terlibat  misalnya  kepada orang tua peserta didik , kepada pemakai lulusan.



Sumber : http://hamdanmusa.blogspot.com/2009/06/konsekuensi-pembaharuan-kurikulum.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar