SEJARAH
PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA
Ø Kurikulum merupakan alat untuk mencapai
tujuan pendidikan, segaligus sebagai pedoman dalam pelaksanaan pendidikan
Ø Pada awal indonesia merdeka taun 1945,
tiga tahun setelah itu, yakni tahun 1947 indonesia baru memiliki kurikulum yang
di sebut dengan ieer plan atau rencana pelajaran.tahun1950 rencana pelajaran
baru di terapkan di sekolah-sekolah dan kemudian di sempurnakan dalam kurikulum
di tahun 1952 dengan nama Rencana Pelajaran Terurai.
Ø Tahun 1964 dan 1968 Rencana Pelajaran di
kembangkan lebih luas dan di fanti dengan istilah rencana pendidikan. kurikulum
ini menggunakan konsep pancawardana yang di gagas oleh presiden soekarno.
Ø Kurikulum 1975 lahir sebagai tuntutan
ketetapan MPR nomor IV/MPR/1973 tentang GBHN 1973, dengan tujuan pendidikan
“membentuk manusia di indonesia untuk pembangunan nasional di berbagai bidang
Ø Kurikulum 1984 kurikulum ini merupakan
penyempurnaan dari kurikulum 1975. Oleh karerna itu kurikulum 1984 dikenal juga
sebagai kurikulum 1975 yang di sempurnakan
Ø Kurikulum 1994 merupakan pelaksanaan
amanat UU nomor 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional
Ø Kurikulum 2004 lebih popler dengan sebutan
KBK ( kurikulum berbasis komptensi).lahir sebagai respont dari tuntutan
reformasi, diantaranya UU nomor 2 1999 tentang pemerintahan daerah, UU nomor 25
tahun 2000 tentang kewenangan pemerintah dan kewenangan provinsi sebagai daerah
otonom, dan Tap MPR No IV/MPR/1999 tentang arah kebijakan pendidikan nasional.
Ø Kurikulum 2006 yaitu kurikulum tingkat
satuan pendidikan (KTSP) adalah sebuah kurikulum operasional pendidikan yang di
susun oleh dan di laksanakan di masing masing satuan pendidikan di indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah.
Jakarta:Dirjen Dikdasmen.
Mulyasa,
E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis.Bandung:PT
Remaja Rosdakarya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar