Minggu, 07 Juli 2013

Konsep Dasar Pembelajaran (Siti A)

A. Pengertian Paradigma
                                                                                                                                            
Paradigma adalah kumpulan tata nilai yang membentuk pola pikir seseorang sebagai titik tolak pandangannya sehingga akan membentuk citra subjektif seseorang – mengenai realita – dan akhirnya akan menentukan bagaimana seseorang menanggapi realita itu.
Paradigma merupakan elemen primer dalam progress sains. Seorang ilmuwan selalu bekerja dengan paradigma tertentu, dan teori-teori ilmiah dibangun berdasarkan paradigma dasar. Melalui sebuah paradigma seorang ilmuwan dapat memecahkan kesulitan-kesulitan yang lahir dalam kerangka ilmunya, sampai muncul begitu banyak anomali yang tidak dapat dimasukkan ke dalam kerangka ilmunya sehingga menuntut adanya revolusi paradigmatik terhadap ilmu tersebut.
Paradigma membantu seseorang dalam merumuskan tentang apa yang harus dipelajari, persoalan apa yang harus dijawab dan aturan apa yang harus diikuti dalam menginterpretasikan jawaban yang diperoleh.
Pengertian paradigma menurut kamus filsafat adalah :
1.Cara memandang sesuatu
2.Model, pola, ideal dalam ilmu pengetahuan. Dari model-model ini fenomena dipandang dan dijelaskan.
3.Totalitas premis-premis teoritis dan metodologis yang menentukan dan atau mendefinisikan suatu studi ilmiah kongkrit dan ini melekat di dalam praktek ilmiah pada tahap tertentu.
4.Dasar untuk menyeleksi problem-problem dan pola untuk memecahkan problem-problem riset.

Paradigma Belajar, Paradigma Mengajar, dan Paradigma Pembelajaran

a.      Paradigma Belajar
adalah proses perubahan perilaku secara aktif, proses mereaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu, proses yang diarahkan pada suatu tujuan, proses berbuat melalui berbagai pengalaman, proses melihat, mengamati, dan memahami sesuatu yang dipelajari.
Belajar pada hakekatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman
Dari beberapa kutipan diatas dapat disimpulkan beberapa hal yang menyangkut pengertian belajar sebagai berikut:
a.Belajar merupakan suatu proses, yaitu kegiatan yang berkesinambungan yang dimulai sejak lahir dan terus berlangsung seumur hidup.
b.Dalam belajar terjadi adanya perubahan tingkah laku yang bersifat relatif permanen.
c.Hasil belajar ditujukan dengan aktivitas-aktivitas tingkah laku secara keseluruhan.
d.Adanya peranan kepribadian dalamproses belajar antara lainaspek motivasi, emosional, sikap dan sebagainya.
Paradigma belajar ialah pemahaman terhadap proses belajar yang tumbuh dari pengamatan, pertanyaan, analisis ilmiah terhadap proses belajar.




b.      Paradigma Mengajar
Mengajar merupakan suatu kegiatan pengajaran yang dilakukan seorang profesional (guru) yang bertujuan untuk menyampaikan informasi, pengetahuan, pengalaman kepada orang lain, sehingga orang tersebur mengerti dan memahami bahan/materi yang diajarkan.

            c.       Paradigma Pembelajaran
Pembelajaran pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan ke penerima pesan melalui saluran atau media tertentu. Dalam pembelajaran, pesan atau informasi yang disampaikan dapat berupa pengetahuan, keahlian, ide, pengalaman, dan sebagainya.


B. Pembelajaran sebagai sebuah sistem, pembelajaran sebagai proses komunikasi
a.Pembelajaran Sebagai Sebuah Sistem
Sistem adalah kesatuan yang terdiri dari komponen-komponen yang terpadu dan berproses untuk mencapai tujuan (Gordon, 1990; Puxty, 1990). Bagian suatu sistem yang melaksanakan suatu fungsi untuk menunjang usaha pencapaian tujuan disebut komponen. Dengan demikian sistem terdiri dari komponen-komponen yang masing-masing komponen mempunyai fungsi khusus.
Sistem pembelajaran adalah kombinasi terorganisasi yang meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan
Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sebagai sistem adalah proses interaksi antara guru, peserta didik dan lingkungannya untuk mencapai tujuan tertentu yang mana di dalamnya terdapat saling keterkaitan antara unsur-unsur atau komponen-komponen pembelajaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar