A. Pengertian
Paradigma
Paradigma adalah kumpulan tata nilai yang membentuk pola pikir seseorang
sebagai titik tolak pandangannya sehingga akan membentuk citra subjektif
seseorang – mengenai realita – dan akhirnya akan menentukan bagaimana seseorang
menanggapi realita itu.
Paradigma merupakan elemen primer dalam progress sains. Seorang ilmuwan
selalu bekerja dengan paradigma tertentu, dan teori-teori ilmiah dibangun
berdasarkan paradigma dasar. Melalui sebuah paradigma seorang ilmuwan dapat
memecahkan kesulitan-kesulitan yang lahir dalam kerangka ilmunya, sampai muncul
begitu banyak anomali yang tidak dapat dimasukkan ke dalam kerangka ilmunya
sehingga menuntut adanya revolusi paradigmatik terhadap ilmu tersebut.
Paradigma membantu seseorang dalam merumuskan tentang apa yang harus
dipelajari, persoalan apa yang harus dijawab dan aturan apa yang harus diikuti
dalam menginterpretasikan jawaban yang diperoleh.
Pengertian paradigma
menurut kamus filsafat adalah :
1.Cara memandang sesuatu
2.Model, pola, ideal
dalam ilmu pengetahuan. Dari model-model ini fenomena dipandang dan dijelaskan.
3.Totalitas
premis-premis teoritis dan metodologis yang menentukan dan atau mendefinisikan
suatu studi ilmiah kongkrit dan ini melekat di dalam praktek ilmiah pada tahap
tertentu.
4.Dasar untuk menyeleksi
problem-problem dan pola untuk memecahkan problem-problem riset.
Paradigma
Belajar, Paradigma Mengajar, dan Paradigma Pembelajaran
a. Paradigma
Belajar
adalah proses perubahan perilaku secara aktif, proses mereaksi terhadap
semua situasi yang ada di sekitar individu, proses yang diarahkan pada suatu
tujuan, proses berbuat melalui berbagai pengalaman, proses melihat, mengamati,
dan memahami sesuatu yang dipelajari.
Belajar pada
hakekatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar
individu. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan
dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman
Dari beberapa kutipan diatas dapat
disimpulkan beberapa hal yang menyangkut pengertian belajar sebagai berikut:
a.Belajar merupakan suatu proses,
yaitu kegiatan yang berkesinambungan yang dimulai sejak lahir dan terus
berlangsung seumur hidup.
b.Dalam belajar terjadi adanya
perubahan tingkah laku yang bersifat relatif permanen.
c.Hasil belajar ditujukan dengan
aktivitas-aktivitas tingkah laku secara keseluruhan.
d.Adanya peranan kepribadian dalamproses belajar antara lainaspek motivasi,
emosional, sikap dan sebagainya.
Paradigma belajar ialah pemahaman terhadap
proses belajar yang tumbuh dari pengamatan, pertanyaan, analisis ilmiah
terhadap proses belajar.
b. Paradigma
Mengajar
Mengajar merupakan suatu kegiatan
pengajaran yang dilakukan seorang profesional (guru) yang bertujuan untuk
menyampaikan informasi, pengetahuan, pengalaman kepada orang lain, sehingga
orang tersebur mengerti dan memahami bahan/materi yang diajarkan.
c. Paradigma
Pembelajaran
Pembelajaran
pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari
sumber pesan ke penerima pesan melalui saluran atau media tertentu. Dalam
pembelajaran, pesan atau informasi yang disampaikan dapat berupa pengetahuan,
keahlian, ide, pengalaman, dan sebagainya.
B. Pembelajaran sebagai sebuah
sistem, pembelajaran sebagai proses komunikasi
a.Pembelajaran
Sebagai Sebuah Sistem
Sistem adalah kesatuan
yang terdiri dari komponen-komponen yang terpadu dan berproses untuk mencapai
tujuan (Gordon, 1990; Puxty, 1990). Bagian suatu sistem yang melaksanakan suatu
fungsi untuk menunjang usaha pencapaian tujuan disebut komponen. Dengan demikian
sistem terdiri dari komponen-komponen yang masing-masing komponen mempunyai
fungsi khusus.
Sistem
pembelajaran adalah kombinasi terorganisasi yang meliputi unsur-unsur
manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang berinteraksi untuk
mencapai suatu tujuan
Dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran sebagai sistem adalah proses interaksi antara
guru, peserta didik dan lingkungannya untuk mencapai tujuan tertentu yang mana
di dalamnya terdapat saling keterkaitan antara unsur-unsur atau komponen-komponen
pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar